Pendahuluan




Allah SWT berfirman :



Artinya :
Apakah kamu tidak memperhatikan, bahwa sesungguhnya Allah menurunkan air dari langit, maka diaturnya menjadi sumber-sumber air di bumi kemudian ditumbuhkan-Nya dengan air itu tanam-tanaman yang bermacam-macam warnanya, lalu menjadi kering lalu kamu melihatnya kekuning-kuningan, kemudian dijadikan-Nya hancur berderai-derai. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat pelajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal


Sabda-sabda Nabi tentang jamur termuat dalam bab pengobatan. Imam Bukhari meriwayatkan dua kali (Bukhari,VII,[t.th.]:17), Imam Muslim meriwayatkannya 7 kali, dan kitab-kitab yang lainnya lebih banyak lagi. Diantara sabda Nabi itu adalah sebagai berikut:

Artinya:

.. . Aku mendengar Rasulullah bersabda: Kam’at (jenis jamur) adalah bagian dari dunia jamur. Airnya adalah obat penyakit mata (H.R. Muslim dari Sa’id bin Zaid).

Yang dimaksud al-manna adalah tetumbuhan berwarna putih, banyak kandungan lemak, dan termasuk rumpun jamur. Al-Kam’at maupun al-manna adalah sama-sama jenis jamur.

Hadis ini memberi petunjuk bahwa jamur banyak jenisnya. Jamur  tertentu dapat dijadikan obat penyakit tertentu. Kasus ini mengandung implikasi bahwa kita supaya lebih banyak lagi mempelajari aneka jenis jamur, baik dari segi sarana pengobatan, maupun dari segi pemberantasannya ketika jamur itu membahayakan kesehatan manusia.

Pelaksanaan studi tentang jamur secara terus menerus akan membuahkan hasil dalam dunia akademika yaitu mikologi


Kompetensi Inti
  • Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
  • Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong), kerja sama, toleran, damai), santun, respondif dan pro-aktif, sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
  • Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural berdasatkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
  • Menolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkrit dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan diri yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar
  • Menerapkan prinsip klasifikasi untuk menggolongkan jamur berdassrkan ciri-ciri, cara reproduksi, dan mengaitkan peranannya dalam kehidupan.
  • Menyajikan laporan hasil penelusuran informasi tentang jeanekaragaman jamur dan peranannya dalam keseimbangan lingkungan.
Indikator
  • Menjelaskan ciri-ciri umum Divisio dalam Kingdom Fungi.
  • Menjelaskan dasar pengelompokkan Fungi.
  • Menggambarkan struktur tubuh jamur dari berbagai golongan
  • Membedakan berbagai golongan jamur berdasarkan ciri-ciri morfologinya.
  • Menjelaskan cara-cara perkembangbiakan yang ditemukan pada berbagai golongan jamur.
  • Membedakan spora vegetative dan generatif berbagai golongan jamur.
  • Membuat chart siklus hidup jamur dari berbagai golongan.
  • Membuat laporan tertulis hasil pengamatan jenis-jenis jamur di lingkungan sekitarnya (dengan foto/gambarnya).
  • Menyajikan data contoh peran jamur bagi kehidupan.
  • Membuat makanan dari hasil fermentasi jamur.
Tujuan Pembelajaran
Melalui pembelajaran ini siswa dapat :
  • Menjelaskan ciri-ciri umum Divisio dalam Kingdom Fungi.
  • Menjelaskan dasar pengelompokkan Fungi.
  • Struktur tubuh jamur dari berbagai golongan.
  • Membedakan berbagai golongan jamur berdasarkan ciri-ciri morfologinya.
  • Menjelaskan cara-cara perkembangbiakan yang ditemukan pada berbagai golongan jamur.
  • Membedakan spora vegetative dan generatif berbagai golongan jamur.
  •  

Komentar

Postingan Populer