Pendahuluan
Allah SWT berfirman :
Artinya :
Apakah kamu tidak memperhatikan, bahwa sesungguhnya Allah menurunkan
air dari langit, maka diaturnya menjadi sumber-sumber air di bumi kemudian
ditumbuhkan-Nya dengan air itu tanam-tanaman yang bermacam-macam warnanya, lalu
menjadi kering lalu kamu melihatnya kekuning-kuningan, kemudian dijadikan-Nya
hancur berderai-derai. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat
pelajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal
Sabda-sabda Nabi tentang jamur termuat dalam bab pengobatan. Imam
Bukhari meriwayatkan dua kali (Bukhari,VII,[t.th.]:17), Imam Muslim
meriwayatkannya 7 kali, dan kitab-kitab yang lainnya lebih banyak lagi.
Diantara sabda Nabi itu adalah sebagai berikut:
Artinya:
.. . Aku mendengar Rasulullah bersabda: Kam’at (jenis jamur)
adalah bagian dari dunia jamur. Airnya adalah obat penyakit mata (H.R. Muslim
dari Sa’id bin Zaid).
Yang dimaksud al-manna adalah tetumbuhan berwarna putih,
banyak kandungan lemak, dan termasuk rumpun jamur. Al-Kam’at maupun al-manna
adalah sama-sama jenis jamur.
Hadis ini memberi petunjuk bahwa jamur banyak jenisnya. Jamur
tertentu dapat dijadikan obat penyakit tertentu. Kasus ini mengandung
implikasi bahwa kita supaya lebih banyak lagi mempelajari aneka jenis jamur,
baik dari segi sarana pengobatan, maupun dari segi pemberantasannya ketika
jamur itu membahayakan kesehatan manusia.
Pelaksanaan studi tentang jamur secara terus menerus akan membuahkan
hasil dalam dunia akademika yaitu mikologi
Kompetensi Inti
- Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
- Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong), kerja sama, toleran, damai), santun, respondif dan pro-aktif, sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
- Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural berdasatkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
- Menolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkrit dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan diri yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar
- Menerapkan prinsip klasifikasi untuk menggolongkan jamur berdassrkan ciri-ciri, cara reproduksi, dan mengaitkan peranannya dalam kehidupan.
- Menyajikan laporan hasil penelusuran informasi tentang jeanekaragaman jamur dan peranannya dalam keseimbangan lingkungan.
Indikator
- Menjelaskan ciri-ciri umum Divisio dalam Kingdom Fungi.
- Menjelaskan dasar pengelompokkan Fungi.
- Menggambarkan struktur tubuh jamur dari berbagai golongan
- Membedakan berbagai golongan jamur berdasarkan ciri-ciri morfologinya.
- Menjelaskan cara-cara perkembangbiakan yang ditemukan pada berbagai golongan jamur.
- Membedakan spora vegetative dan generatif berbagai golongan jamur.
- Membuat chart siklus hidup jamur dari berbagai golongan.
- Membuat laporan tertulis hasil pengamatan jenis-jenis jamur di lingkungan sekitarnya (dengan foto/gambarnya).
- Menyajikan data contoh peran jamur bagi kehidupan.
- Membuat makanan dari hasil fermentasi jamur.
Tujuan Pembelajaran
Melalui pembelajaran ini
siswa dapat : - Menjelaskan ciri-ciri umum Divisio dalam Kingdom Fungi.
- Menjelaskan dasar pengelompokkan Fungi.
- Struktur tubuh jamur dari berbagai golongan.
- Membedakan berbagai golongan jamur berdasarkan ciri-ciri morfologinya.
- Menjelaskan cara-cara perkembangbiakan yang ditemukan pada berbagai golongan jamur.
- Membedakan spora vegetative dan generatif berbagai golongan jamur.
Komentar
Posting Komentar